Sejarah Gundam Hingga Terkenalnya Gundam Hingga Sekarang

sigaorastro.com – Gundam ini sendiri adalah salah satu waralaba anime dan juga manga yang sangat sangat terkenal di seluruh dunia, yang pertama kali dibuat oleh Yoshiyuki Tomino dan juga Sunrise, dalam sebuah studio animasi yang ada di Jepang.Kisah awal Gundam juga dimulai pada tahun 1979 dengan serial anime pertama yang berjudul dengan “Mobile Suit Gundam” atau sering disebut “Gundam 0079”.

Kisah Tentang Sejarah Gundam 0079

Kisah Gundam 0079 berlatar di masa depan fiksi, di mana manusia telah tersebar di antara koloni ruang angkasa yang juga telah tersebar di seluruh sistem tata surya. Konflik sempat meletus antara Federasi Bumi dan juga Kekaisaran Zeon, yang telah memberontak dan juga telah menyatakan kemerdekaan dari Federasi Bumi. Pada saat itu, teknologi robot tempur humanoid yang disebut “mobile suit”¬† juga telah dikembangkan, dan mereka menjadi kunci utama dalam konflik ini.

Karakter paling utama dalam cerita ini sendiri adalah sebagai Amuro Ray, awalnya seorang remaja yang tanpa sengaja menemukan dan juga kemudian menjadi pilot utama dalam pesawat tempur Gundam ini, sebuah mobile suit yang sangat canggih yang juga telah dirancang oleh Federasi Bumi. Dalam perjalanan cerita, Amuro dan kru kapal perang Federasi White Base terlibat dalam serangkaian pertempuran sengit untuk melawan pasukan Zeon yang juga dipimpin oleh Char Aznable, seorang pilot legendaris.

Serial Gundam 0079 juga sempat dalam memperkenalkan berbagai konsep dan juga tema yang telah menjadi ciri khas dari waralaba Gundam sendiri, termasuk dalam perang antara manusia di luar angkasa, politik, pertempuran mobile suit, dan juga pertanyaan etika tentang dalam penggunaan teknologi militer. Serial ini sendiri juga tidak hanya untuk menjadi terkenal di dalam kalangan penggemar anime di Jepang, tetapi juga telah meraih popularitas internasional, dan juga telah memicu kelahiran banyak sekali sekuel, spin-off, film, manga, dan juga produk-produk terkait lainnya.

Sejak kemunculannya pada tahun 1979, Gundam telah menjadi salah satu waralaba anime dan manga yang paling berpengaruh dan sukses sepanjang masa, terus memperluas alam semesta dan menarik penggemar dari berbagai generasi.

Gundam telah mencapai popularitas yang sangatlah luar biasa yang ada di seluruh dunia dan juga telah sempat memiliki basis penggemar yang sangat besar hingga saat ini.

Berikut adalah beberapa faktor yang membuat Gundam begitu terkenal:

1.Desain Mobile Suit yang Ikonik: Salah satu faktor utama yang membuat Gundam begitu terkenal adalah desain mobile suit yang ikonik. Mobile suit, seperti Gundam RX-78, memiliki desain yang sangat futuristik dan juga canggih, serta menarik perhatian dengan tampilan yang tentunya khas dan armor yang sangat kokoh.

2.Kisah dan Narasi yang Mendalam: Gundam tidak hanya tentang pertempuran antara robot tempur. Waralaba ini juga dikenal karena menyajikan kisah yang mendalam dan juga kompleks, yang tentunya tidak hanya melibatkan politik saja namun dari sisi , moralitas, dan konflik emosional antara karakter-karakternya. Kisah Gundam ini sendiri juga sering kali menyoroti dampak perang, korban, dan juga konsekuensi dari penggunaan dalam teknologi militer.

3.Pertempuran Mecha yang Spektakuler: Pertempuran antara mobile suit dalam Gundam sering kali diatur dengan aksi yang spektakuler dan juga  dinamis. Adegan dalam pertempuran yang sangat mempesona dengan animasi yang sangat canggih dan taktik yang sangat kompleks telah menjadi daya tarik utama bagi banyak penggemar Gundam ini.

4.Universe yang Luas dan Beragam: Gundam sendiri juga memiliki alam semesta yang sangat luas dan juga beragam, dengan berbagai seri, film, manga, dan juga permainan yang tentunya menggambarkan berbagai cerita dan era di dalamnya. Hal ini juga sangat memungkinkan para penggemar untuk menjelajahi dunia Gundam melalui berbagai media dan juga mengalami cerita-cerita yang berbeda.

5.Pengaruh yang Luas di Budaya Populer: Gundam telah memberikan banyak sekalai kontribusi yang sangat signifikan terhadap budaya Dilansir dari Wikipedia , Populer di Jepang dan juga yang ada di seluruh dunia. Waralaba ini juga telah memengaruhi berbagai media, termasuk dalam anime, manga, film, permainan video, dan bahkan mainan. Karakter-karakter Gundam dan mobile suit telah menjadi sangat ikonik dalam budaya populer.

Secara keseluruhan, kombinasi dari desain yang menarik, cerita yang sangat mendalam, aksi yang spektakuler, dan pengaruh budaya yang luas juga telah membuat Gundam menjadi salah satu waralaba anime dan mecha yang paling terkenal dan juga dicintai oleh penggemar di seluruh dunia.

Hingga saat ini, waralaba Gundam tetap akan terus menjadi salah satu yang paling populer dalam industri anime dan juga mecha.Dalam berbagai seri, film, manga, dan permainan video yang juga terus diproduksi dan telah dirilis, menjaga kesetiaan para penggemar dan menarik generasi baru untuk mengenal alam semesta Gundam.

Berikut adalah beberapa hal terkini mengenai Gundam:

1.Seri Anime Terbaru: Gundam masih terus menghasilkan seri anime baru. Contohnya adalah “Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans”, yang dirilis pada tahun 2015 dan juga telah menghadirkan cerita yang baru yang tentunya tetap berfokus pada perang antara koloni yang berada di luar angkasa dan juga konflik sosial-politik di Bumi.

2.Film dan OVA: Selain dari seri anime reguler, Gundam juga telah merilis film-film dan Original Video Animations (OVA) yang juga mengeksplorasi cerita-cerita sampingan ataupun dengan melengkapi cerita utama dalam alam semesta Gundam. Beberapa di antaranya adalah termasuk dalam film-film seperti “Mobile Suit Gundam Narrative” dan “Mobile Suit Gundam Thunderbolt: Bandit Flower”.

3.Permainan Video: Gundam juga saat ini telah memiliki kehadiran yang sangat kuat dalam industri permainan video dengan berbagai judul yang juga telah dirilis di berbagai platform konsol dan juga diperangkat mobile. Permainan ini juga sangat sering sekali dalam menawarkan pengalaman bermain yang mendalam, baik dalam pertempuran mecha maupun dalam simulasi strategi.

4.Produk Merchandise: Produk merchandise Gundam hingga saat ini juga masih terus menjadi laris di pasaran. Mulai dari model kit plastik (Gunpla), action figure, pakaian, aksesori, hingga barang-barang rumah tangga, Gundam juga memiliki berbagai produk yang sangat menarik bagi para penggemarnya untuk dikoleksi.

5.Acara dan Acara Konvensi: Gundam juga sering kali menjadi pusat perhatian dalam acara-acara anime, konvensi komik, dan pameran industri hiburan di seluruh dunia. Pameran Gunpla, peragaan kostum Gundam, dan panel diskusi sering kali menjadi highlight dalam acara-acara ini.

Secara keseluruhan, waralaba Gundam ini sendiri juga telah terus berada di dalam garis depan budaya populer Jepang dan juga memiliki dampak yang sangat signifikan di seluruh dunia.

Dengan terus menghasilkan konten baru dan menjaga kesetiaan para penggemar, Gundam akan tetap menjadi kekuatan yang dominan dalam dunia anime dan mecha untuk waktu yang lama.

Pada tahun 2024, Gundam saat ini juga terus menjadi salah satu waralaba terbesar dalam sejarah industri anime dan mecha. Dengan penggemar yang kuat di seluruh dunia, Gundam telah menghasilkan berbagai seri anime, film, model kit, permainan video, dan merchandise.

Di dunia anime dan manga, Gundam terus merilis seri baru dan proyek-proyek yang menarik. Beberapa seri Gundam populer termasuk “Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans,” “Mobile Suit Gundam Unicorn,” dan “Mobile Suit Gundam: Hathaway’s Flash.” Selain itu, Gundam juga merilis seri baru dalam bentuk manga, novel, dan proyek lintas-media lainnya.

Dalam industri model kit, Gundam memiliki serangkaian model kit plastik (Gunpla) yang sangat populer yang memungkinkan penggemar untuk membangun dan menyesuaikan model-model robot Gundam mereka sendiri. Pada tahun 2024, Gunpla terus menjadi fenomena global dengan rilis model kit baru dan acara kompetisi Gunpla di seluruh dunia.

Di dunia permainan video, Gundam juga memiliki serangkaian permainan yang meliputi berbagai genre, termasuk permainan pertempuran robot, permainan strategi, dan permainan peran. Pada tahun 2024, diperkirakan bahwa ada rilis baru dalam franchise permainan video Gundam untuk konsol dan platform permainan lainnya.

Secara keseluruhan, di tahun 2024, Gundam tetap menjadi salah satu waralaba terbesar dalam budaya populer Jepang dan terus menarik perhatian penggemar di seluruh dunia dengan berbagai konten dan produk-produk yang inovatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top